Dok: Putra Anggara, via Group WhatsApp

Dok: Amelia, Via WhatsApp

Hari ke-1 dan 2, mengikuti ekspedisi dan Eksplorasi Jelajah Budaya bersama IDN MCHANGE yang mengusung tema "The Winter Of Java, Dieng Culture Festival" yang bertempat di Desa Sikunang, awalnya kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 23-28 Juli 2021. Namun, berhubung PPKM diberlakukan dan adanya pembatasan kegiatan, akhirnya di re-schedule di tanggal 11-16 September 2021, ditempat yang sama dan kegiatan yang lebih istimewa tentunya. 










Hari pertama ditanggal 11 September 2021, kami berkumpul di Wisma M8 UGM, berkumpul dengan semua teman-teman dari berbagai daerah di seluruh Nusantara. Yipiiii, kami dikumpulkan dengan karya, sesuai dengan tagline-nya Indonesia Milenial Change "Aku Kamu Kita Indonesia"  

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Dieng (Desa Sikunang) kurang lebih 8 Jam, sungguh istimewa dengan berbagai cerita selama diperjalanan yang super istimewa. Mulai dari jajan cendol Ireng, jajan batagor di rest area, setelah melewati berbagai drama bapak sopir akhirnya kami sampai di Desa Sikunang sekitar pukul 21.00 WIB. 

Istirahat sejenak berkumpul di rumah Bapak Kades, dilanjutkan kembali dengan Diskusi dan Kenali Temanmu, setelah itu langsung istirahat dengan dinginnya Dieng🀩🀩🀩 
Dok: Putra Anggara, Via Whatsapp

Dok: jangipan

Dok: jangipan 

Subuh-subuh seperti biasa bangun pagi, sholat subuh, namun pada momen kali ini ada yang berbeda, sebelum beraktivitas langsung menghangatkan tubuh diantara perapian (Hawu, tungku api). Jangipan dan teman-teman lainnya langsung merapat ke dapur setelah dipandu dan dipersilahkan oleh kak Alvin (Panitia acara) 









Setelah selesai menghangatkan tubuh, saatnya mempersiapkan untuk mengolah masakan (sarapan pagi) dan tentunya kami bagi-bagi tugas (piket) sambil menunggu teman-teman yang lainnya senam, jangipan, bang Ridwan, dan Teman-teman lainnya bantu masak. Momen istimewa di hari kedua, bersilaturahmi dan menciptakan momen baru...



Sebelum melanjutkan perjalanan ke Aula Desa Sikunang, jangipan seperti biasa mesti ritual dulu..., #NgopiAsikYangLebihSeru dengan NESCAFE Latte, Favorit jangipan banget... Rasanya yang mantap melengkapi perjalanan jadi lebih berkesan. (Ehhh, ini bukan endors yaaa, tapi kalau Public Relation atau marketing NESCAFE mau ngendors jangipan, boleeeeh bangeeet...😁😁)







Selama diperjalanan menuju ke Aula Desa Sikunang kami menemukan berbagai hal yang indah, disuguhkan langsung dengan pemandangan gunung dan perkebunan disekitar jalan yang menghubungkan ke Desa. Dan tentunya berjumpa dengan masyarakat yang ramah-ramah.






Tiba di Desa kami langsung berkumpul per Divisi dan dan melakukan ice breaking dan pembagian tugas program perdivisinya... Dan lagi..lagi..lagi.. di momen spesial ini makin heboooh...🀣🀣🀣










Rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi jajanan daerah, lagi dan lagi langsung hajar jajan telor gulung dan cimol yang ada disekitar halaman Desa Sikunang. Mantap dan lezatnya mengalahkan nikmatnya pizza yang lagi promo besar-besaran πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ€£ 



Rasanya kurang lengkap tanpa mengabadikan Ibu dan Bapak Tani yang sedang beraktivitas di ladang. Jangipan dan kak Sifa berbincang sejenak dengan beliau di ladang kebun, mengulas seputar panen kentang dan aktivitas petani di Desa Sikunang ini.








Selanjutnya selama diperjalanan pun jangipan mengabadikan beberapa potret hasil tani disekitar ladang kebun. Bagaimana keren kan Desa Sikunang? Selain memiliki kekayaan alam yang indah, juga potensi pertaniannya yang melimpah.



Potret kebahagiaan anak-anak yang sedang bermain di alam bebas, berkreasi dengan imajinasi dan cerita indahnya. 





**Bersambung..πŸ˜πŸ™