Pada saat pertama kali mendapatkan informasi mengenai kelas online yang digagas oleh @merajut_indonesia yang mengangkat tema "Perjalanan Digitalisasi Aksara Nusantara" jangipan langsung bergegas mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam rangkaian kelas online yang diselenggarakan selama satu jam di live instagramnya @merajut_indonesia. 

Perjalanan dan perjuangan yang luar biasa dalam menggagas ide serta inovasi dari masa ke masa mengenai perubahan serta penemuan baru mengenai Aksara Nusantara, tentunya melewati berbagai hal untuk mendirikan dan menumbuh kembangkan, yang didalamnya terdapat berbagai tantangan yang tak mudah untuk tetap bisa berjalan, tumbuh dari setiap element dan proses yang saat ini sedang dijalankan melalui sistem teknologi informasi berbasis digital.

Dalam hal ini generasi milenial adalah penggerak utama untuk menyebarluaskan sistem informasi digital Aksara Nusantara, dengan menerapkannya dalam semua bidang yang sedang digunakan dan dijalankan. Sosialisasi dan edukasi mengenai perkembangan Aksara Nusantara berbasis digital ini menjadi tugas bersama agar masyarakat dapat menerima dan memahami dari segi penggunaan dan pengaplikasian dalam setiap aktivitasnya. Dalam hal ini Aksara Nusantara menjadi media komunikasi yang digunakan dalam interaksi baik tulisan maupun media pelengkap literasi lainnya. 


Momen istimewa ini dipandu oleh Teteh Evi Sri Rezeki, blogger hits Jabar, content creator berprestasi sekaligus penulis muda yang selalu menginspirasi dalam setiap karyanya. Live instagram yang berlangsung selama satu jam  bersama narasumber Kak Ratih Ayu (Divisi Pengembangan Usaha dan Kerjasama PANDI) dan Kak Ilham Nurwansyah (Penggiat Aksara Digital) ini mengulas Aksara Nusantara dari berbagai daerah hingga pelosok negeri, salah satunya Aksara Sunda, Jawa, dan Bali. Pandi dan Merajut Indonesia memberikan wadah dan fasilitas untuk masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari Aksara Nusantara. 

Aksara Nusantara di era digital ini akan menjadi sebuah trend baru selain fashion, food, dan lifestyle. Tentunya akan memberikan warna baru dalam dunia literasi. Khasanah Literasi Nusantara pun tentu akan lebih beragam dengan era Digitaliasi Aksara Nusantara. Teknologi informasi serta literasi sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup aktivitas masyarakat, dalam hal ini adalah komunikasi masa (mass media). 

Pada era dan kesempatan saat ini dengan hadirnya teknologi informasi (digital) memberi dampak nyata, dalam hal ini sebagai media penerapan Aksara Nusantara, bukan hanya sekedar penerapan pada aktivitas saja, melainkan memberikan ruang khusus kepada masyarakat untuk mempelajari dan menggunakan Aksara Nusantara serta berkomitmen untuk ikut serta mengembangkan potensi dan peluang berikutnya dalam media komunikasi memanggungkan keragaman Indonesia dalam Aksara Nusantara. 

Dok. Screenshoot Kang Raja Lubis 

Nah, berikut adalah salah satu pengaplikasian penggunaan Aksara Nusantara yang digunakan dalam aplikasi berbasis Android (smartphone) dengan banyaknya minat masyarakat dalam menggunakan Aksara Nusantara akan lebih mudah dalam menyebarluaskan media literasi digitalnya. 

Dok. Screenshoot Teteh Evi 

Untuk teman-teman yang mau mencoba menggunakan Aksara Nusantara boleh dicoba juga dipengaturan smartphone-nya tinggal dipilih salah satu Aksara yang akan digunakan. pengaplikasian seperti ini adalah cara yang tepat untuk mensosialisasikan penggunaan Aksara Nusantara menjadi lebih dikenal di masyarakat luas.

Jangan lupa selalu ikuti perkembangan dan info terkini, mengenai Aksara Nusantara hanya di webiste https://merajutindonesia.id/ dan media sosial Merajut Indonesia supaya gak ketingalan program dan event terbaik yang sedang berlangsung.