PIP UMI menghadirkan program Terbaik sebagai akselerasi UMKM yang mau naik kelas dan terus berproses, selain memberikan bantuan permodalan juga pendampingan UMKM binaan. Salah satunya dengan inovasi teknologi yang saya ini terus dikembangkan.  Dan tentunya memberikan perubahan yang signifikan bagi penggerak UMKM.

Nah, UMKM yang berhak mendapatkan bantuan permodalan serta pendamping diantaranya Usaha Ultra Mikro Produktif yang dimiliki oleh WNI, memiliki KTP Elektronik (E-KTP), dan tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

 Begitu juga dengan tujuan utama PIP UMI ini menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat, menambah jumlah pelaku usaha yang membutuhkan bantuan permodalan/pembiayaan, dan mendorong kemandirian pelaku usaha agar tidak terpaku pada bantuan sosial. 

Pembiayaan UMI disalurkan kepada penggerak UMKM (debitur) yang mengajukan pembiayaan maksimal 20Juta Rupiah serta pendampingan yang berkelanjutan. PIP UMI disalurkan melalui dua jalur diantaranya: 
✓ Pola Langsung: penyalur ke debitur 
✓ Pola tidak langsung: penyalur ke debitur melalui lembaga (linkage, LKM, atau koperasi) 
Adapun kriteria penyalur pembiayaan UMI diantarnya sebagai berikut: 
✓ berstatus lembaga keuangan bukan bank (LKKB) 
✓ memiliki pengalaman pembiayaan UMKM minimal 2 Tahun 
✓ sehat dan berkinerja baik NPL 5%  Gearing ratio 10X 
✓ memiliki sistem yang terkoneksi dengan dengan SIKP UMI 
✓ memiliki kapasitas pendampingan kepada debitur. 
PIP UMI hadir untuk UMKM Daerah di seluruh Indonesia untuk lebih naik kelas dan memiliki kapasitas pemasaran dan pelayanan yang baik, tak hanya dari segi permodalan juga dengan kualitas produk dan layanan yang unggul. 
Bersama PIP UMI UMKM Bergerak, Indonesia Maju!

PIP UMI hadir dengan inovasi terbaru dalam menggerakan sektor ekonomi kreatif disetiap daerah, para penggerak UMKM kini menjadi lebih mudah dan leluasa dalam mengembangkan produk maupun layanan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan usaha. 

Dan tentunya dengan PIP UMI ini mengurangi layanan pemberian pinjaman ilegal (rentenir) yang marak dikalangan masyarakat. Skema penyaluran pembiayaan UMI ini bisa dijangkau dan didalatkan dengan beberapa cara bisa melalui PNM, Pegadaian, dan Badan Penyaluran Pembiayaan Pemerintah yang telah berkolaborasi dan ditunjuk oleh PIP UMI untuk penyaluran pembiayaan dan permodalan UMKM. 

Dengan adanya kemudahan ini diharapkan para penggerak UMKM menjadi lebih berkembang dan rumbuh dengan wajah baru UMKM masa kini, memiliki inovasi, kreasi, dan memberikan nilai lebih terhadap produk atau usaha yang saat ini sedang digarap dan dikembangkan. 

Tak hanya itu, PIP UMI selain memberikan kemudahan dalam pemberian pembiayaan, juga memberikan pendampingan kepada UMKM yang ditunjuk, melibatkan beberapa sektor, salah satunya sektor pendidikan yang bekerjasama dengan pihak Universitas, untuk menerjunkan mahasiswanya dalam pendampingan UMKM. 

Pemberdayaan Pelaku Ultra Mikro oleh PIP diantaranya pelatihan, promosi, inkubasi usaha, lokasi usaha, dan kampung UMi kelima program yang dijalankan oleh PIP untuk pertumbuhan dan perkembangan UMKM Indonesia sangat memberikan dampak terbaik bagi penggerak sektor ekonomi kreatif disetiap daerahnya. 

#PIPUMi #UMiUntukNegeri